Minggu, 01 Juli 2012

ARUMBA, Kentongan Asal Desa Pananjung


            Daerah wisata tidak akan terlepas dengan yang namanya hiburan, baik itu hiburan modern maupun tradisional. Begitu juga dengan pantai Pangandaran, lebih tepatnya di daerah Desa Pananjung yang masih termasuk Kec. Pangandaran. Ada sekelompok seniman yang masih memegang musik tradisional sebagai hiburannya. Namun dalam perjalanannnya sejak 2005 masih berjalan biasa-biasa saja. Maka dari itu, peranan mahasiswa KKN Tematik 2012 Universitas Galuh Ciamis sangat dibutuhkan guna mempromosikan kesenian Arumba ini.
            Kentongan yang merupakan kesenian asal Purwokerto tersebut, kemudian dilakukan kolaborasi dengan kebudayaan Sunda, yang akhirnya diberi nama Arumba, Alunan Rumpun Bambu. Tak perlu berkerut kening untuk mencari asal muasal kata Alunan Musik Bambu tersebut, sebab saat kita melihat langsung kesenian Arumba tampil, maka dapat langsung mengetahuinya. Hal itu berdasarkan pada alat musik yang hampir semuanya berasal dari bahan bambu.
           Personil Arumba ini, hampir semuanya berasal dari daerah Jawa, memang benar bahwa Pangandaran masih Provinsi Jawa Barat, namun tak susah untuk mendapati orang-orang yang menggunakan bahasa Jawa, di daerah sekitar Pangandaran, terlebih Desa Pananjung.
            Tak perlu lama untuk menunggu Arumba mentas dengan kostum yang lengkap dan personil yang lengkap juga. Jumat (29/6) kemarin, group musik Arumba asal Desa Pananjung tampil di Desa Karangsari, Kec. Padaherang. Tepatnya di halaman rumah kepala Desa Karangsari, yang mengadakan sunatan masal anak-anak lingkungan desa tersebut.
            Penampilan yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut, begitu dinikmati tamu undangan, tak terkecuali mahasiswa KKN Tematik 2012 Universitas Galuh Ciamis serta mahasiswa KKN Reguler Desa Karangsari. Beberapa kamera foto mengambil gambar penampilan group asal Desa Pananjung tersebut, tak terkecuali kamera video yang terus merekam dari awal sampai akhir.
            Lagu yang dibawakan pun bermacam-macam, mulai dari lagu Jawa, shalwatan, serta lagu campur sari. Rasa-rasanya semua anggota tubuh ingin begerak mengikuti Alunan Runpun Bambu yang begitu indah dan tertata dengan melodi yang begitu harmonis. Personil yang sebagian besar orang tua pun begitu lihainya memainkan alat musik, serta dilengkapi dengan penampilan dua penari bertopeng yang begitu lihai bergoyang, mulai dari kelihaian menggoyangkan tubuh, kaki, tangan dan tak terkecuali kepala pun berlenggok-lenggok, ke kanan-kiri, mengikuti ketukan kentongan yang begitu indah.
            Arumba menampilkan sekitar tujuh lagu, yang sontak membuat penonton bertepuk tangan, mulai dari usia anak-anak hingga orang tua. Arumba pun selesai menampilkan kesenian musiknya pada pukul 11.15 WIB. Setelah itu mahasiswa yang tergabung pada KKN Tematik 2012 Universitas Galuh Ciamis berfoto bareng dengan personil Arumba.
            Kedua belah pihak saliang berterimakasih atas kerjasama yang dilakukannya selama ini dan untuk kedepannya semoga tetap mampu bekerjasama dengan baik. “Saya selaku ketua group musik Arumba mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang mau mengikuti dan mengambil penampilan kami untuk dipromosikan. Semoga Arumba tetap eksis dan mahasiswa dapat menjalankan tugasnya dengan baik,”ungkap ketua Arumba.
            Begitu juga sebaliknya dengan mahasiswa KKN Tematik 2012 Universitas Galuh Ciamis, sangat berterimakasih atas diberikannya izin mengambil foto, video yang menyaksikan langsung penampilan di Desa Karangsari, Kec. Padaherang.
            “Kami juga berterimakasih atas diberikannya izin mengambil foto, video, semoga kedepannya kesenian Arumba ini tetap eksis, tetap ada penerusnya, mudah-mudahan suatu saat dapat tampil di Universitas Galuh Ciamis, pada saat wisuda ataupun acara besar lainnya,”ucap Tommy, ketua kelompok mengakhiri pertemuan di Desa Karangsari, Kec.Padaherang.
Yandi Hidayatulloh
(KKN Tematik 2012. Desa Pananjung).

            

1 komentar:

  1. Semoga promosinya bukan hanya sebatas KKN doank! Termakasih atas kerja sama dari tim KKN Tematik UNIGAL 2012 Desa Pananjung. Oye!!!!!!!!!!! "JIMPRET NAKATA"

    BalasHapus