Minggu, 01 Juli 2012

KKN Tematik Kunjungi Kantor Kepala Desa Pananjun


  
Hari kedua, Selasa (26/6) menjadi hari pertama KKN tematik Desa Pananjung melakukan kunjungan lapangan. Adapun peserta KKN tematik Desa Pananjung, yakni Tommy, Rizkia, Chepi, Sutrisna, Bagja, Ismail, Edi, Khusnul, Didih, Rizal, Aprillynda, Waryan dan Yandi. Dalam kunjungannya, peserta KKN tematik bertemu dengan Kepala Desa Pananjung, H. Maulin.
            Penerimaan yang terasa begitu akrab dirasakan oleh peserta KKN tematik kawasan Pananjung. Ada beberapa agenda yang ingin dipertanyakan, yang semuanya tertuju pada peningkatan kunjungan wisatawan. Dengan peningkatan wisatawan diharapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat meningkat. Agenda tersebut diantaranya hal apakah yang selama ini ada di lingkungan Desa Pananjung, namun belum terjamah ataupun belum diketahui khalayak. Peserta KKN yang diwakili Tommy, menyatakan ingin mengangkat hal yang selama ini masih tertanam tanpa ekspos ke publik.
            “Kelompok KKN tematik kami fokus pada promosi objek wisata melalui berbagai media. Dengan berdasarkan hal tersebut, kami berkeinginan mengekspos kebudayaan, sejarah, kesenian, bahkan kuliner yang selama ini belum diketahui publik. Adapun publikasi yang rencananya akan dilakukan yakni melalui media cetak semisal Tabloid Kampus Unigal, Tabloid Ganesha Pendidikan Ciamis, Surat Kabar Priangan, kemudian dalam hal publikasi melalui media elektronik yakni facebook, blog, dan website. Beberapa langkah tersebut sudah dilaksanakan, dan sedang berjalan, semoga dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan,”paparnya, yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Unigal.
            Menanggapi pertanyaan yang disampaikan perserta KKN tematik, yang diwakili Tommy tersebut, Bapak H.Maulin selaku Kepala Desa Pananjung, mengucapkan terimakasih, dengan adanya upaya mahasiswa Unigal untuk mempublikasikan hal yang selama ini tidak terjamah sedikitpun oleh masyarakat lain.
            “Bapak selaku Kepala Desa Pananjung, yang mewakili masyarakat di sini mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas upaya yang telah dan sedang dilaksanakan oleh mahasiswa Unigal peserta KKN tematik ini,semoga apa yang selama ini masyarakat inginkan kemudian dibantu ade-ade mahasiswa dapat terealisasi sebagaimana harapan,”jelasnya.
            Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di Desa Pananjung ini, bertujuan  untuk mempersiapkan mahasiswa Unigal menjadi sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakt dan belajar menanggulangi permaslaahan tersebut secara terpadu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan PAD dari kepariwisataan.
Mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa Unigal dan masyarakat melalui penerapan ilmu, teknologi dan seni, serta melatih mahasiswa  Unigal untuk mempraktekan bidang ilmu sesuai dengan keahlian masing-masing secara terpadu, serta membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pembangunan masyarakat khususnya  dalam bidang pendidikan.
            Pelaksanaan KKN yang berlangsung dari Senin, 25 Juni-26 Juli 2012 tersebut diharapkan benar-benar meninggalkan sejarah positif terhadap Desa yang dijadikan tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN), terutama di daerah Desa Pananjung. Semoga!
Penulis :
Yandi Hidayatulloh
KKN Tematik  Periode II 2011/2012 Universitas Galuh Ciamis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar