Selasa, 10 Juli 2012

Opening Ceremony KKN Tematik Jawa Barat


Senin (2/7) kemarin, dilaksanakan pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2012 se-Jawa Barat yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Pembukaan acara tersebut dilaksanakan di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat. Dalam pelaksanaan upacara pembukaan KKN Tematik 2012 dihadiri oleh 29 perguruan tinggi se-Jawa Barat, baik negeri maupun swasta. Di antara Perguruan Tinggi Negeri yang hadir , yakni Institut Teknologi Bnadung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), serta Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung), dan diantara Perguruan Tinggi Swastanya, yaitu Unjani, Unigal, STKIP Garut, Universitas Suryakencana, Unsil dan banyak lagi perguruan tinggi swasta yang lainnya.
            Acara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik  2012 yang mengambil tema “Jabar Maju Bersama Kampus,” dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Kang Aher, sapaan untuk Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan membuka acara pelepasan KKN Tematik 2012. Dalam pemaparan yang disampaikannya, beliau begitu antusias sekali ketika membicarakan dunia pendidikan. Kronologis yang diceritakannya begitu detail, mulai dari betapa pentingnya pendidikan sejak Sekolah Dasar, SMP, SMA/sederajat, hingga Perguruan tinggi.
            Gubernur Jawa Barat yang bergelar Lc. ini mengatakan bahwa percepatan pembangunan jalan satu-satunya yaitu dengan cara pendidikan. Maka dari itu orang tua, dan pemerintah harus terus memotivasi dan memberikan bantuan kepada anak-anak Indonesia khususnya Jawa Barat agar putera/puterinya terus sekolah guna meningkatkan pendidikan yang dimiliki anak tersebut, sebab pendidikan bukan hanya sekedar membayar uang pendidikan akan tetapi bagian dari investasi jangka panjang, yang mungkin sekarang belum nampak hasilnya, namun suatu saat hasilnya akan terasa, baik bagi anak tersebut, keluarga, bahkan bagi pembangunan bangsa Indonesia.
            “Orang tua dan pemerintah harus saling bersinergi guna anak-anak Indonesia, khususnya Jawa Barat mendapatkan pendidikan yang selayaknya, bukan hanya wajib sembilan tahun atau wajar dua belas tahun, bahkan harus sampai mengenyam perguruan tinggi. Kedepannya Bantuan Operasional Sekolah atau yang sering kita sebut BOS, bukan hanya diberikan kepada tingkat SD maupun SMP saja, namun akan diberikan kepada mereka yang tidak mampu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni SMA/sederajat. Hal ini guna meningkatkan dan mempercepat pembangunan Jawa Batar, sebab hanya dengan pendidikan saja pembangunan akan terlaksana dengan cepat. Begitu juga dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik 2012 guna dapat membantu apa yang menjadi cita-cita Jawa Barat, maka dari itu KKN Tematik 2012 ini menngambil tema “Jabar Maju Bersama Kampus”. Mari kita bangun Jawa Barat bersama-sama, sebab mahasiswa sekarang adalah penerus masa depan,”paparnya.
            Dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2012 diharapkan mahasiswa mampu menyosialisasikan apa yang sekarang dipelajari guna peningkatkan pendidikan di Jawa Barat. Diharapkan dengan KKN Tematik 2012 ini mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di lapangan.
            “Dalam pelaksanaan KKN mahasiswa akan menemui permasalan, maka hadapilah semua yang ada, ini bagian dari pendewasaan diri, dan pembelajaran kelak terjun langsung di kehidupan masyarakat,”ungkap Gubernur Jawa Barat.
            Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2012 ini, diikuti oleh 29 Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta, serta diikuti sebanyak 3.452 mahasiswa, yang tersebar di beberapa daerah, yang memeiliki fokus kuliah kerja nyata masing-masing. Penyebaran peserta KKN Tematik ini disebar dilingkungan yang dapat dikatakan pedalaman, hal itu guna meningkatkan pembangunan yang selama ini menjadi cita-cita Jawa Barat. Pendidikan yang selama ini menjadi tujuan pemerintah Jawa Barat harus mampu tersosialisasi secara merata, jangan sampai hanya berada dilingkungan perkotaan saja, namun harus dapat terakses pula oleh masyarakat di daerah pedalaman. Pendidikan bukan hanya milik mereka yang tinggal di pusat kota, namun pendidikan adalah milik semua anak bangsa, tak terkecuali mereka yang tinggal di daerah pedalaman. Sebab pendidikan adalah jalan untuk membangun diri, keluarga, bangsa dan peradaban bangsa Indonesia.
            Acara pelepasan yang dibuka langsung oleh Kang Aher, selesai sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam pelaksanaan KKN Tematik ada beberapa perguruan tinggi yang sudah melaksanakan beberpa hari, minggu, bahkan ada yang sudah mencapai 20 hari. Namun disamping hal tersebut  ada beberapa perguruan tinggi pula yang baru akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata didaerah yang sudah ditetapkan. Perguruan tinggi yang sedang melaksanakan KKN yakni, Unjani, Unigal, dan lainnya, dan yang baru akan melaksankan KKN semiasal Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
            Walaupun fokus Kuliah Kerja Nyatanya berbeda-beda, namun tetap dalam satu tujuan bersama, yaitu membangun Jawa Barat. Pembanguan bangsa, khususnya Jawa Barat bukan hanya tugas pemerintah saja, namun semua elemen masyarakat harus ikut bergabung membangun Jawa Barat, terlebih mahasiswa yang memiliki pemikiran dan ilmu yang sudah dipersiapkan dengan matang. Mahasiswa berperan aktif dalam pembanguanan Jawa Barat. Maka dari itu “Jabar Maju Bersama Kampus”.
(Yandi Hidayatulloh,Pemred Linguistika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar