Selasa, 17 Juli 2012

KKN Tematik Posko Pananjung dan Babakan Gelar Penyuluhan IT


Kemajuan zaman menuntut semua pihak agar mengukutinya, guna tidak ketinggalan informasi, baik nasional maupun internasional. Salah satu aspek yang dirasa sangat pesat salah satunya yaitu perkembangan teknologi yang membuat jarak dan waktu semakin tak berarti. Perkembangan teknologi ini mendapat sambutan yang sangat baik dari berbagai kalangan masyarakat. Tak terkecuali bagi dunia pariwisata, hal yang sangat pelik hingga kini dalam bidang kepariwisataan adalah dalam sistem pemasaran yang bertujuan untuk  menggapai konsumen antar negara atau benua. Dengan adanya perkembangan teknologi maka terciptalah fasilitator yang menjembatani masalah tersebut.
Berbekal hal tersebut, kelompok KKN Tematik Unigal Posko Pananjung dan Babakan menyelenggarakan penyuluhan mengenai teknologi informasi. Diharapkan dengan diselenggrakannya penyuluhan tersebut dapat meningkatkan pendapatan daerah Pangandaran, terlebih sebentar lagi akan menjadi Kabupaten, daerah otonom. Acara penyuluhan dengan nama kegiatan “Peranan IT dalam Meningkatkan Pariwisata Pangandaran,” dilaksanakan Jumat (13/7) di Aula pertemuan Desa Pananjung.
Sebagaimana yang disampaikan kordinator penyelenggara, Yandi, bahwa tujuan dilaksanakannya punyuluhan ini guna mengenalkan peranan IT terhadap kemajuan pariwisata Pangandaran. “Tujuan kami selaku panitia menyelenggarakan kegitanan IT ini guna memberikan pengetahuan mengenai pariwisata dipandang dari kajian perkembangan informatika, memberikan informasi mengenai perkembangan informatika yang dapat membantu menyelesaikan masalah kepariwisataan, serta menjalin silaturahim dalam acara penyuluhan untuk menjalin ukhuwah islamiah di kalangan aparat desa, masyarakat setempat dan mahasiswa peserta KKN, “ungkapnya.
Setelah penyampaian laporan kordinator, dilanjutkan dengan sambutan dari Desa Pananjung, yang diwakili oleh staf desa, dikarenakan kepala desa sedang ada kegiatan. Dalam sambutan yang disampaikan Bapak Seman, selaku perwakilan pihak Desa Pananjung, beliau mengungkapkan rasa bangga dengan adanya penyuluhan IT ini, diharapkan setelah kegiatan penyuluhan ini, ada tindak lanjut yang sekiranya dapat meningkatkan pariwisata Pangandaran, sehingga dampaknya pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Acara yang dinahkodai oleh Andi S. dan Rine, dilanjutkan dengan acara inti, yakni penyuluhan yang disampaikan oleh pembicara, Ade Suherman,S.Pd.,M.Pd., yang sekaligus merupakan DPL KKN Tematik Unigal Posko Pananjung dan Babakan.
Dalam acara penyuluhan IT, dimoderatori Emmie Apriani, dan notulen Sri. Moderator yang tampak semangat membuka acara, seakan menghipnotis kegiatan penyuluhan yang awalnya terkesan resmi, formal, kaku, menjadi lebih cair dan penuh dengan rasa kekeluargaan.
Selaku pembicara, Ade Suherman,S.Pd.,M.Pd., yang merupakan Sekretaris Prodi Akuntansi, FKIP Unigal ini, menyampaikan peranan IT dalam meningkatkan Pariwisata Pangandaran. Yang pertama disampaikannya dari pengenalan internet, bukan maksud mengganggap warga Pangandaran belum paham, namun materi tersebut disampaikan guna mengetahui dari tahap awal, hingga memasang iklan di Web, dan membuatnya sekaligus. “Penguasaan IT di zaman yang serba maju ini, sangat dibutuhkan sekali, jika seseorang tidak memiliki kemampuan dalam bidang teknik informasi, maka orang tersebut akan ketinggalan, ujung-ujungnya menjadi manusia yang terlindas oleh zaman. Maka dari itu, kita perlu menyadarai betapa pentingnya peranan IT dalam kehidupan zaman sekarang ini, terlebih mereka yang bergerak dalam bidang pariwisata, perhotelan guna memperkenalkan produknya dan meningkatkan pendapatan perusahaannya,”paparnya.
Setelah selesai pemaparan yang disampaikan pemateri, dilanjutkan dengan sesi bertanya. Ada beberapa peserta yang menanyakan lebih detail mengenai materi yang disampaikan dalam penyuluhan. Diantara yang bertanya, yakni dari LPM Desa Pananjung dan dari pemuda aktivis lingkungan Pangandaran, Ilalang.
Tepat pukul 11.00 acara selesai, peserta begitu bahagia telah diundang dalam kegiatan penyuluhan tersebut. Peserta yang berjumlah 60 orang tersebut, terdiri dari berbagai perwakilan masyarakat. Ada yang dari Koperasi warga, UKM, aparat pemerintahan Desa Pananjung dan Babakan, aktivis, karang taruna, perhotelan, serta pengarajin tas “Campernik”. Semoga kegiatan seperti ini, tidak berlangsung sampai tahap ini saja, namun perlu adanya tindak lanjut, guna meningkatkan kemajuan pariwisata Pangandaran. (Y. Hidayatulloh, KKN Tematik Unigal 2012 Posko Pananjung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar