Minggu, 01 Juli 2012

Peranan KKN Tematik Terhadap Pariwisata


Selama sebulan ini dari 25 Juni-26 Juli 2012, sebagian mahasiswa Unigal dihadapkan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal ini dimaksudkan sebagai perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Dalam pelaksanaannya terdapat tiga kelompok kegiatan yakni KKN regular (biasa), KKN Posdaya dan KKN Tematik.
            KKN tematik ditujukan untuk meningkatkan pariwisata Pangandaran, baik untuk turism domestik ataupun asing. Dengan demikian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) diharapkan meningkat dari tahun sebelumnya, terlebih sekarang ini bertepatan dengan musim liburan sekolah.
            KKN tematik yang merupakan kerjasama antara pihak LPPM Unigal dengan Pemprov Jawa Barat, guna mewujudkan visi pemerintahan Propinsi Jawa Barat yang tercantum dalam RPJMD tahun 2008-2013 yaitu “Tercapainya Masyarakat Jawa Barat yang Mandiri, Dinamis dan Sejahtera”.
            Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Darah (PAD) melalui pariwisata, maka dituntut lima indikator yang harus dilaksanakan oleh peserta KKN tematik, yang jumlah keseluruhannya 107,  75 mahasiswa di daerah kecamatan pangandaran, yang tersebar di empat desa, sisanya di daerah Parigi. Walaupun dalam penempatannya berbeda-beda, namun tetap tujuannnya sama untuk meningkatkan pariwisata di Pangandaran. Adapun kelima indikator tersebut adalah peningkatan kebersihan lingkungan objek wisata, peningkatan volume atraksi wisata, promosi objek wisata melalui berbagai media, peningkatan petensi wisata kuliner, dan peningkatan pelayanan wisatawan melalui pemandu wisata yang kompeten.
            Melihat indikator yang sudah ditetapkan tersebut, mahasiswa harus mampu menjabarkan dan melaksanakan program kerja yang ditetapkan tersebut. Keamampuan mahasiswa sangat dituntut sekali dalam meningkatkan pariwisata di Pangandaran. Namun kelima indikator tersebut bukan harga mati untuk tidak melaksanakan program kerja yang lainnya. Mahasiswa dipersilahkan melaksanakan proker lainnya, yang terpenting peningkatan kunjungan wisatawan.
            Peningkatan pariwisata tak seperti memakan cabai yang jika dimakan langsung terasa  pedasnya, Peningkatan pariwisata tidak dapat dilihat langsung pada saat itu juga, namun memerlukan kinerja yang konsisten dalam peningkatannya. Kesadaran masyarakat dan pemerintah daerah Pangandaran sangat dituntut sekali, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Semoga program KKN tematik yang sedang berlangsung ini, dapat memberikan sumbangsih yang positif.

Penulis :
Yandi Hidayatulloh
Kelompok KKN Tematik 2011/2012
Desa Pananjung-Pangandaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar