Kamis, 19 Juli 2012

FKIP Unigal Berikan Pembekalan PPL


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unigal menyelenggarakan pembekalan bagi mahasiswa tingkat empat, semester tujuh. Pembekalan yang dimaksudkan memberikan pembelajaran kepada mahasiswa yang siap untuk disebar ke setiap sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis. Acara yang dimulai pukul 09.00 tersebut dilaksanakan di Auditorium, Minggu (15/7).
            Mahasiswa FKIP tidak hanya dituntut untuk mampu belajar menimba ilmu saja, namun perlu memiliki kemampuan mengajarkan ke siswanya kelak. PPL disini, dimaksudkan untuk melakukan pelatihan mengajar, sebelum kelak benar-benar mengajar selepas mendapat gelar sarjana.
            Kegiatan PPL yang akan dimulai September - Nopember tersebut, diikuti 1055 mahasiswa yang tergabung dalam satu fakultas, yakni FKIP. Mahasiswa yang terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Akuntansi, dan PJKR disebar ke 20 sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis.
            Dalam pembekalan yang diselenggarakan, disampaikan mengenai Etika Mengajar dan Pendidikan Karakter, yang masing-masing disampaikan oleh Dr.Ikin Syamsudin A.,M.Pd. dan Dr. Nia R.,M.Pd. Pemateri pertama, yakni Dr. Ikin S.A.,M.Pd., memaparkan mengenai bagaimana penampilan seorang guru, lebih dari itu mengenai etika saat mengajar.
            “Seorang guru harus memperhatikan penampilannya, mulai dari ujung rambut hingga sepatu harus diperhatikan, jangan sampai menjadi bahan tertawaan peserta didik. Semisal rambut yang panjang hendaklah sebelum PPL merapihkan, pakaian yang dikenakan tidak asal-asalan, jangan sampai kita saat PPL nanti mengajarkan kerapian, namun diri sendiri jauh dari hal yang kita katakan,”ungkap beliau yang mendapat gelar Doktor bidang Kritik dan Esai Sastra, UPI Bandung.
            Sejalan dengan yang disampaikan Pembantu Dekan I, Dr. Ikin Syamsudin M.Pd. tersebut, Dr. Nia R.,M.Pd. pun memaparkan bagaimana menjadi sosok guru yang berkarakter yang nantinya berdampak lurus pada siswa yang kita ajari.
            “Pendidikan di sekolah sekarang ini, tidak hanya bersifat mengajar saja, tanpa nilai moral. Sebagai solusinya pada tahun 2010, dicanangkan pendidikan karakter, jadi apa yang disampaikan oleh guru selaku pengajar, harus berlandaskan sikap yang baik, tidak hanya mengajar lalu selesai tanpa membekas pada akhlak siswa tersebut,”paparnya.
            Seusai pembekalan, Ketua PPL FKIP Unigal, Endang Hardi,Drs.,M.Pd., tidak langsung menutup acara pembekan, namun beliau menyuruh setiap mahasiswa untuk berkumpul sesuai dengan tempatnya PPL September nanti. Mahasiswa yang tergabung pada 20 sekolah tersebut mengambil inisiatif, ada yang memang berkumpul di Auditorium ada pula yang berkumpul di kelas lain.
            Setiap prodi tidak sama rata dalam mengirimkan mahasiswanya untuk PPL, yang berjumlah 1055 mahasiswa tersebut terdiri dari Prodi PJKR 270 mahasiswa, Pendidikan Sejarah 69, Pendidikan Biologi 166, Pendidikan Bahasa Inggris 230, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 209, Pendidikan Akuntansi 112. Dari jumlah tersebut disebar kembali ke masing-masing sekolah yang jumlahnya tidak sama, yakni SMAN 1 Ciamis 50, SMAN 2 Ciamis 71, SMAN 3 Ciamis 44, SMAN 1 Baregbeg 162, SMA Terpadu Arrisalah 41, SMK N 1 Ciamis 58, SMK N 2 Ciamis 72, SMK LPS 1 36, SMK LPS 2 45, SMK Hepweti 40, SMK LPT 21, MAN 1 Ciamis 12, MAN 2 Ciamis 68, SMP N 1 Baregbeg 65, SMP N 3 Ciamis 36, SMP N 5 Ciamis 53, SMP N 6 Ciamis 72, SMP Terpadu Arrisalah 52, SMP N 7 Ciamis 43.
            Diharapkan teori yang selama ini dipelajari di bangku kuliah, dapat dipraktikan di tempat PPL. Sebab teori tanpa praktek rasa-rasanya hanya sebuah mimpi atau bayangan saja. Maka dari itu Panitia PPL, yang diketuai Endang Hardi,Drs.,M.Pd. ini mengharapkan kepada mahasiswa carilah pengalaman yang sebanyak-banyaknya saat nanti PPL. (Yandi Hidayatulloh.Pemred Linguistika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar