Selasa, 17 Juli 2012

KKN Tematik Posko Pananjung Peduli Kebersihan Pantai


Rabu (11/7), peserta KKN Tematik Universitas Galuh 2012  Posko Pananjung memasang tong sampah di sekitaran Pantai Pangandaran. Hal tersebut bukan tanpa alasan, namun merupakan program kerja yang sudah disepakati oleh setiap peserta KKN Posko Pananjung. Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan keadaan Pantai Pangandaran tidak terlalu kotor, bahkan mungkin bersih tanpa sampah sedikitpun. Bukan hal mustahil untuk menjadikan Pantai Pangandaran bersih, tanpa sampah. Kesadaran masyarakat menjadi syarat utama dalam melaksanakan kegiatan bersih panatai, sebeb kebersihan bukan hanya tugas Dinas terkait, perlu adanya peran mayarakat sekitar guna menyukseskan kegiatan bersih pantai.
Ketika wisatawan, baik asing maupun domestik mengunjungi pantai, maka wajah pertama yang akan terlihat yakni kebersihan, kerapihan, keindahan daerah sekitaran pantai. Kebersihan dapat terliat disepanjang jalan menuju pantai. Lihatlah jalur menuju pantai Pangandaran, yang masih terlihat adanya sampah yang berserakan, serta masih jarangnya tong sampah yang tersedia. Jika dilihat dari segi kerapihan, biasanya sepanjang jalan kita sering menemui baliho, spanduk dan papan pengumuman lainnya, penunjuk arah, seberapa rapikah penataan yang dilakukan oleh pihak terkait. Tidak mungkin memasangkan plang, penunjuk arah yang tanpa aturan, semuanya harus berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan. Dilihat dari segi keindahan, yakni keindahan alam yang ada di Pantai Pangandaran, memang ini semua sebagian besar lebih pada penciptaan alam semesta oleh Allah Yang Maha Kuasa, namun jika manusia berbuat kerusakan, gelombang yang bersahabat menjadi gelombang yang sangat besar sekali, disertai tsunami, ujung-ujungnya nyawa manusia menjadi ancamannya.
Kegitan ini dimaksudkan guna membarikan sumbangsih bagi keberihan Pantai Pangandaran. Diharapkan dengan kebersihan, jumlah wisatawan, baik asing maupun domestic akan semakin meningkat. “Pemasangan tong sampah di sekitaran Pantai Pangandaran ini, guna meminimalkan sampah yang berserakan, yang mengganggu pemandangan mata pengunjung atau wisatawan, walaupun langkah yang kami lakukan ini sederhana dan kecil, namun semoga dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi Pangandaran,”ungkap Didih, salah satu peserta KKN posko Pananjung, setelah memasangkan tong sampah disekitaran pantai.
Keitan kebersihan yang dilakukan oleh peserta KKN Tematik 2012 Universitas Galuh, posko Pannjung ini, adalah realisasi satu dari lima macam focus kerja yang harus dilaksanakan, kelima focus yang disodorkan sebagai program kerja yakni, peningkatan kebersihan lingkungan objek wisata, peningkatan volume atraksi wisata, promosi objek wisata melalui berbagai media, peningkatan potensi wisata kuliner, dan yang terakhir peningkatan pelayanan wisatawan melalui pemandu wisata yang kompeten. Dari lima program kerja tersebut posko Pananjung berupaya melaksanakan kegiatan pertama, yakni peningkatan kebersihan lingkungan objek wisata.
Sebenarnya sebelum kegiatan pemasangan tong sampah ini, jumat tanggal sebelumnya, peserta KKN Tematik 2012 posko Pananjung, telah melaksanakan kegiatan clean the beach, yang bekerjasama dengan Dinas Kebersihan daerah Pangandaran tentunya dengan peran serta masyarakat Pangandaran. Hal tersebut dilakukan guna kebaikan Pantai Pangandaran sendiri. Jika bukan masyarakat setempat yang melakukannya, lalu siapa lagi. “Mari kita tingkatkan kebersihan pantai pangandaran bersama-sama,” ungkapkan salah satu warga Pangandaran, yang melaksanakan kebersihan pantai.(Yandi H.KKN Posko Pananjung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar